Pengertian Rumah Minimalis Modern Yang Harus Kalian Ketahui !!!!

Modern ini banyak kita jumpai rumah - rumah yang memakai desain gaya minimalis modern, karena rumah minimalis mempunyai desain arsitektur atau desain interior yang menciptakan kesan cantik dan berkelas dari sesuatu yang sederhana.


 Gambar render arsitektur (Sumber: pixabay.com)

Minimalis dalam arsitektur lebih menekankan pada hal - hal yang bersifat fungsional dan esensial, bentuknya yang geometris dan tanpa dekorasi menjadi karakter arsitektur minimalis.

Maka dari itu desain bangunan hanya menggunakan kebutuhan yang paling mendasar, dan yang hanya diperlukan.

Rumah minimalis biasanya hanya berfokus pada dua elemen, yaitu pencahayaan dan ruang kosong yang tercipta dari unsur 3 dimensional dalam desainnya.

Rumah minimalis sendiri biasanya cenderung menggunakan warna cat yang monokrom dengan sentuhan aksen garis - garis vertikal maupun horizontal, serta bentuknya kotak - kotak. Biasanya lebih ditekankan untuk menciptakan konsep kesederhanaan, pencahayaan yang terkesan dingin.

Dan juga ruang yang besar dengan objek dan furnitur yang minimum.


Baca Juga :


Desain rumah minimalis sendiri mulai hits pada abad ke 19, yang mana sebelumnya desain rumah yang hits lebih banyak menggunakan unsur dekorasi dan ornamenlah yang menjadi tren.

Dalam pembangunan atau desain rumah minimalis tidak hanya mempertimbangkan kualitas fisik bangunan, tapi juga meninggalkan dimensi spiritual yang tidak terlihat, dengan memperhatikan lebih detail manusia, ruang, alam, bahan. Sesuatu yang abstrak dan yang tidak terlihat seperti cahaya alami, bumi, langit, dan udara sebenarnya mempunyai kualitas.

Ciri utama desain arsitektur minimalis modern sederhana antara lain, bentuk bangunan kubus, bentuk denah kotak, desain jendela - jendela yang terbentang biasanya dipasang horizontal dan bentuknya kotak - kotak, semua sudut facade 90 derajat, dan menggunakan material fabrikasi.

Yang mempengaruhi gaya atau Konsep minimalis sederhana sendiri sebenarnya berasal dari jepang yang biasa disebut budaya zen. Orang jepang membuat budaya zen ke dalam bentuk desain dan estetika bangunan rumah mereka. Pada pertengahan abad ke 18, budaya zen ini mempengaruhi budaya barat, dan juga munculnya ide arsitektur minimalis di abad ke 19.

Zen sendiri sebenarnya merupakan ajaran filsafat buddha yang berkembang di kawasan Asia Timur. Zen adalah sekte Buddhisme Mahayana Jepang. Di Jepang, mahayan merupaka salah satu kelompok besar dari aliran agama Buddha yang dalam ritualnya memadukan unsur budaya setempat dan seni.

Jika zen dihubungkan dengan hunian, maka jadilah desain rumah yang terlihat atau mencerminkan keseimbangan, relaksasi dan harmoni, dan juga hunian akan semakin tertata rapih, dan juga konsep zen membuat penghuninya menjadi lebih disiplin.

Dan masih banyak lagi pengaruh budaya zen terhadap desain arsitektur minimalis, akan lebih lanjutnya budaya zen akan saya bahas di artikel selanjutnya.

Contoh Rumah Minimalis Yang Terkenal 


Salah satu bangunan dengan gaya minimalis yang terkenal adalah karya yang di desain oleh Ludwig Mies Van Der Hohe yang di kenal dengan nama Farnsworth House. Farnsworth House sendiri merupakan rumah pribadi milik Dr.Edith Farnsworth yang merupakan dokter ahli penyakit ginjal.



Farnsworth House ini disebut sebagai karya paling penting dari arsitektur pada abad ke 20. Rumah yang hanya mempunyai satu kamar ini sekarang sudah menjadi museum yang dimiliki oleh National Trust for Historic Peservation.

Dan masih banyak lagi contoh rumah minimalis karya arsitek terkenal dari belahan dunia ini. Tapi di artikel berikutnya. (haha)

Oke jadi itulah pengertian dari rumah minimalis yang saya ketahui, semoga artikel ini bermanfaat dan baca artikel Basic Arsitek yang lainnya.

13 comments for "Pengertian Rumah Minimalis Modern Yang Harus Kalian Ketahui !!!! "

  1. Gaya hidup minimalism dan juga rumah minimalis dll, sudah menjadi trend d zaman sekarang di tengah hedonitas yg bertebaran dimana mana... Lebih mengedepankan kualitas dari pada kuantitas... Mantap

    ReplyDelete
  2. Pengen rasanya punya rmh minimalis , semoga bisa , mantap bos good job

    ReplyDelete
  3. Akhirnya ketemu juga tentang ini. Makasih gan

    ReplyDelete
  4. semoga impian punya rumah minimalis jadi kenyataan

    ReplyDelete
  5. semoga tahun 2020 punya rumah sendiri buat calon ane

    ReplyDelete
  6. Informatif artikelnya, sangat menginspirasi bagi yang mau bangun rumah. Nice gan

    ReplyDelete
  7. artikel nya bagus gan, menginspirasi

    ReplyDelete
  8. Terimakasih infonya gan, mnginspirasi pengen buat rumah seperti itu gan.

    ReplyDelete
  9. semoga bisa bikin rumah minimalis idaman secepatnya deh, terimakasih refrensinya

    ReplyDelete
  10. Semoga aja nnti bisa punya rumah minimalis gtu

    ReplyDelete
  11. Wawasan sy nambah luas setelah membaca artikel ini(y) thanks yaa

    ReplyDelete