Alat Kontruksi : Klasifikasi Alat Berat Berdasarkan Fungsional Dan Operasionalnya !!!!

Klasifikasi Alat Berat Berdasarkan Fungsional Dan Operasionalnya - Alat berat mempunyai peranan penting dalam sebuah proyek - proyek kontruksi yang bersekala besar. Penggunaan alat berat tersebut dimaksudkan untuk memudahkan  pekerja dalam mengerjakan pekerjaannya.

Alat berat yang biasanya dipakai dalam proyek kontruksi biasanya, alat gali (excavator) seperti backhoe, dozer, front shovel, clamshell, alat pemadat tanah seperti roller dan compactor.

Dalam sebuah proyek kita harus mengetahui alat berat mana yang benar - benar dibutuhkan agar efisien. Kesalahan dalam memilih alat berat akan mengakibatkan pekerjaan proyek jadi tidak lancar.

Jika proyek tidak lancar, maka akan terjadi keterlambatan penyelesaian pekerjaan dan akan mengalami pembengkakan biaya pembanunan.

Klasifikasi Alat Berat Berdasarkan Fungsional Dan Operasionalnya !!!!

Klasifikasi Alat Berat

Alat berat dapat dikategorikan dalam beberapa klasifikasi. Klasifikasi tersebut adalah klasifikasi fungsional alat barat dan klasifikasi operasional alat berat. Kenapa dibagi menjadi dua ???? lanjutkan bacanya !!!

1. Klasifikasi Fungsional Alat Berat

Klasifikasi fungsional alat berat merupakan pembagian alat berdasarkan fungsi - fungsi utama alat berat. Berdasarkan fungsinya, alat berat dapat dibagi sebagai berikut :

A. Alat Pengelola Lahan

Alat berat yang biasa dipakai untuk mengelola lahan biasanaya seperti dozer, scraper, dan motor grader. Yang dimaksud pengelola lahan disini karena biasanya lahan masih banyak semak atau pepohonan, makanya harus menggunaka alat berat.

Lalu apa pengertian dozer, scraper, dan motor grader ??

Dozer atau bulldozer merupakan alat berat yang mana mesin penggeraknya adalah traktor. Sebutan bulldozer berasal dari traktor yang perlengkapan (attachment)-nya dozer atau pendorong yang disebut juga blade. Menurut track-shoe nya, bulldozer dapat dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu Crawler tractor dozer, Wheel traktor dozer, dan Swamp bulldozer.

Scrapers merupakan alat berat yang berfungsi untuk mengeruk, mengangkut dan menabur tanah hasil pengerukan.

Motor Grader merupakan alat berat yang digunakan untuk meratakan tanah dan membentuk permukaan tanah.

Baca Juga : 

B. Alat Penggali

Yang tergolong alat berat penggali seperti excavator, front shovel, clamshell, backhoe, dan dragline. Alat - alat berat tersebut berfungsi penggali, pengangkat maupun pemuat tanpa harus berpindah tempat menggunakan tenaga power take off dari mesin yang dimiliki.

C. Alat Pengangkut Material

Alat pengankut material ini biasanya belt truck dan wagon. Crane juga termasuk alat pengangkut, karena crane dapat mengangkut material secara vertikal dan kemudian memindahkan secara horisontal dengan jarak yang relatif kecil.

D. Alat Pemindah Material

Yang termasuk alat berat pemindah material yaitu loader dan dozer. Dikarenakan biasanya tidak digunakan sebagai alat transportasi, melainkan digunakan untuk memindahkan material dari satu alat berat ke alat berat lainnya.

E. Alat Pemadat

Pemadatan tanah merupakan upaya untuk mengatur kembali susunan tanah, agar menjadi lebih rapat sehingga tanah akan lebih padat. Biasanya pekerjaan pemadatan ini biasanya dilakukan untuk pembuatan jalan raya, landasan pesawat terbang, mupun pekerjaan lain yang memerlukan kepadatan tanah tertentu.

Yang termasuk alat pemadat yaitu compactor,  tamping roller, pneumatic-tired, roller, dan lain-lain.

F. Alat Pemroses Material

Pada suatu proyek pekerjaan jalan, pembuatan konstruksi beton dan filternya serta pekerjaan lainnya, diperlukan syarat khusus untuk gradasi butiran pengisinya. Untuk memenuhi kebutuhan yang sulit diperoleh dari alam langsung, maka dibutuhkan alat pemecah agregat.

Yang termasuk alat pemroses material yaitu crusher dan concrete mixer truck.

G. Alat Penempatan Akhir Material

Yang termasuk golongan alat penempatan material yaitu motor grader, asphalt paver, concrete speader, dan alat pemadat. Alat - alat ini berfungsi untuk menempatkan material pada tempat yang telah di tentukan.

2. Klasifikasi Operasional Alat Barat

Alat berat dalam pengoperasiaanya dapat dipindahkan dari satu tempat ke tempat lainnya, atau tidak dapat di gerakkan (statis). Alat berat berdasarkan operasional dapat dibagi sebagai berikut :

A. Alat Statis

Yang termasuk kategori alat statis yaitu seperti tower crane, crusher plant, dan  batching plant.

B. Alat Dengan Penggerak

Yang termasuk alat dengan penggerak yaitu crawler atau roda kelabang dan ban karet. Alat penggerak merupakan bagian dari alat yang menerjemahkan hasil dari mesin menjadi alat kerja.


Sekian ulasan ini saya sampaikan, semoga ulasan ini bermanfaat unuk kalian....


Note : Dilarang menduplikat atau copy paste artikel ini, kalau diubah menggunakan bahasanya sendiri diperbolehkan. Hargai penulis artikel ini.

3 comments for "Alat Kontruksi : Klasifikasi Alat Berat Berdasarkan Fungsional Dan Operasionalnya !!!!"

  1. Ayo Raih Kesempatan Mendapatkan Uang Ratusan Juta Rupiah... Agen Sabung Ayam Online Terbesar dan Terpercaya di indonesia, Kunjungi Website Kami Di Ayo Daftar Disini Sekarang Juga untuk mendapatkan akun Sabung Ayam anda.
    Hubungi kami di WA: +62-812-2222-995 & Telegram : @bolavitacc

    ReplyDelete
  2. artikel yang membantu

    Jika anda sengan mencari sparepart untuk alat berat anda silahkan kunjungi website kita http://tractorindo.com/

    ReplyDelete
  3. Jika anda sedang mencari rekomendasi tempat service alat berat silahkan kunjungi website kita berikut ini http://tractorindo.com/

    ReplyDelete