Cara Menghitung Volume Kuda - Kuda Kayu Beserta Rencana Anggaran Biayanya

Cara Menghitung Volume Kuda-Kuda Kayu Beserta Rencana Anggaran Biaya - Selamat datang di basic arsitek, sudah lama sekali saya tidak menulis artikel tentang Rencana Anggaran Biaya, dan terakhir membuat artikel tentang rab yaitu cara menghitung volume ring balok beserta rab'nya.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberi tahu cara menghitung volume kuda - kuda rangka kayu, kuda - kuda berfungsi untuk mendukung beban atap. Kuda - Kuda juga merupakan penyangga utama pada sebuah struktur atap.

Sebenarnya cara menghitung volume kuda - kuda kayu terbilang mudah, jika kalian tahu rumus menghitung volume balok, maka kalian akan mudah menghitung volume kuda - kuda rangka kayu yang rumusnya yaitu pxlxt.

Sebagai contoh saya akan menggunakan gambar di bawah ini

cara menghitung volume kuda kuda
gambar 1


Dari gambar di atas kita hanya mengetahui panjangnya saja, untuk lebar dan tinggi atau penampang kuda - kuda kayu umumnya yaitu 8/12cm.

Penyelesaian :

Pertama kita jumlahkan dulu panjang dari kaki kuda-kuda, balok tarik, balok sokong, dan balok tarik. disini kita menggunakan meter, jadi kalau satu meter ya di tulis 1 bukan 100cm.

Panjang = (4.30x2) + 7.2 + (2x2) + 3.25 + 2.45 = 25.5 m

Sekarang kita sudah mengetahui panjangnya, jadi sekarang tinggal kita kalikan panjang balok dengan penampang balok, yang mana ukuran penampang saya menggunakan 8/12 cm.

Volume = panjang x lebar x tinggi
       
             = 25.5 x 0.08 x 0.12

             = 0.2448 m3

Selesaii....mudahkan? jika jumlah kuda - kuda lebih dari satu, tinggal kita kalikan saja dengan jumlah kuda - kuda yang ada dengan volume kuda - kuda yang sudah kita hitung.

Misal jumlahnya kuda - kuda kayu ada 2, jadi :

volume total = 0.2448 x 2

                     = 0.4896 m3


Nah seperti itulah cara menghitung volume kuda - kuda rangka kayu, mudahkan ? itu kita baru selesai menghitung volume kuda - kuda rangka kayu, sekarang baru menghitung rencana anggaran biayanya. 

Untuk menghitung rencana anggaran biaya kuda - kuda kayu sebenarnya terbilang cukup mudah, tinggal kita mengalikan volume total kuda - kuda dan juga harga satuan pekerjaan.

Karena kita sudah mengetahui jumlah volume kuda - kuda, jadi kita tinggal mencari harga satuan pekerjaan kuda - kuda kayu per 1 m3.

cara menghitung volume kuda kuda
gambar 2


Lihat gambar di atas, gambar di atas merupakan analisa harga satuan pekerjaan yang di buat oleh PUPR, dari analisa di atas yang kita ubah cuman bagian Harga Satuan.

Sedangkan Jumlah Harga adalah hasil perkalian dari koefisien dikali harga satuan.

Dari gambar di atas kita juga sudah mengetahui bahwa harga satuan pekerjaan dari kuda - kuda rangka kayu per 1 m3 yaitu Rp. 10.448.110,00.

Karena kita sudah mengetahui volume dari kuda - kuda rangka kayu dan juga harga satuan pekerjaannya, jadi tinggal kita hitung anggaran biayanya

Anggaran Biaya = Volume x Harga satuan pekerjaan

               = 0.4896 m3 x Rp. 10.448.110,00

               = Rp. 5.134.978,66

Jadi anggaran biaya untuk kuda - kuda rangka kayu yang telah kita hitung tadi sebesar Rp. 5.134.978,66. Selesaii......

Bagaimana?? Mudahkan??

Semoga artikel ini berguna untuk yang sedang ingin belajar RAB maupun yang sedang ingin membangun rumah dan ingin mengetahui anggaran biaya untuk kuda - kuda kayu.



Post a Comment for "Cara Menghitung Volume Kuda - Kuda Kayu Beserta Rencana Anggaran Biayanya"