Mengenal Ilmu Struktur Bangunan Dan Sejarah Struktur Bangunan !!!

Mengenal Ilmu Struktur Bangunan Dan Sejarah Struktur Bangunan - Hii sahabat - sahabat yang mau jadi arsitek atau yang sudah jadi arsitek, hari ini saya mau memberi tau atau membahas tentang ilmu statika struktur bangunan. Jadi langsung saja masuk pembahasan.


 

Mengenal Ilmu Struktur Bangunan Dan Sejarah Struktur Bangunan !!!


Jadi apa sih yang di maksud dengan struktur bangunan ?? Struktur bangunan merupakan bagian penting pada bagunan yang difungsikan untuk menyalurkan beban sebuah bangunan. Fungsi struktur bisa kita simpulkan bahwa stuktur bangunan berfungsi untuk memberi kekuatan atau kekokohan agar mencegah sebuah bangunan mengalami keruntuhan atau kerusakan.

Fungsi struktur juga untuk menyalurkan sebuah beban. Beban-beban tersebut berfungsi untuk menumpu elemen - elemen untuk selanjutnya disalurkan ke bagian bawah tanah bangunan, sehingga beban-beban tersebut akhirnya dapat di tahan.

Sejarah Perkembangan Struktur Bangunan


Sejarah struktur bangunan dapat dijelaskan melalui perubahan - perubahan sistem struktur dari desain yang digunakan oleh Mesir dan Yunani kuno hingga penggunaan sistem struktur canggih yang digunakan saat ini.

Perubahan dari bentuk struktur bangunan berhubungan erat dengan penggunaan material, teknologi konstruksi, pengetahuan perencana pada perilaku struktur atau analisis struktur, hingga keterampilan pekerja konstruksinya.

Jika kita lihat dari struktur yang terdapat pada bangunan Yunani kuno, bangunan - bangunan yunani kuno lebih banyak menggunakan kolom batu dengan penampilan yang lebih halus. 




Baca Juga :


Untuk jenis struktur bangunan yang berada di mesir kuno lebih banyak menggunakan batu - batu untuk membangun kuil - kuil, dan juga yang pastinya sudah kalian ketahui batu - batu juga merupakan bahan utama untuk membangun piramid yang sekarang menjadi ikon Mesir.

Sedangkan untuk struktur yang berada di Roma, para teknisi Roma sering menggunakan struktur berbentuk lengkung secara luas. Seperti yang sering ditemui bangunan bertingkat pada coliseum, terowongan air, dan jembatan.

Selama periode Gothic banyak bangunan - bangunan katedral megah seperti Chartres dan Notre Dame, bentuk lengkung diperhalus dengan hiasan - hiasan yang banyak dan berlebihan, bentuk-bentuk yang ada menjadi semakin lebar.

Ruang - ruang atap dengan lengkungan tiga dimensional juga ditunjukan pada konstruksi atap-atap bangunan katedral. Dengan menggunakan bahan batu yang melengkung atau yang biasa di sebut flying buttresses, yang digunakan bersama dengan tiang - tiang penyangga dari kolom batu yang tebal atau dinding yang menyalurkan gaya dari kubah atap ke tanah.

Walaupun istana - istana dan katedral megah didirikan beberapa abad di Eropa, tetapi tidak ada perubahan yang signifikan pada teknologi konstruksi, hingga diproduksinya besi tuang sebagai bahan komersial pada pertengahan abad ke-18.

Bahan - bahan besi ini memudahakan ahli teknik untuk mendesain bangunan yang sederhana tetapi dengan balok - balok yang kuat, dan juga kolom penampang yang solid. Hal ini memungkinkan desain struktur yang ringan dengan bentang yang lebih panjang dan bukaan - bukaan yang lebih lebar.

Pada akhirnya saat ini banyak gedung - gedung tinggi atau gedung pencakar langit (skyscraper) yang menggunakan baja dengan kemampuan menahan gaya tarik yang tinggi dan tekan yang besar.

Pada akhir abad ke-19 mulai dikenalnya teknik las yang memungkinkan penyambungan elemen baja dan menyederhanakan konstruksi rangka kaku baja. Selanjutnya, pengelasan menggantikan plat-plat sambung berat dan sudut-sudut yang menggunakan paku keling.

Saat ini perkembangan komputer dan penelitian - penelitian dalam ilmu bahan menghasilkan perubahan besar dari ahli - ahli teknik struktur dalam mengembangan pendukung khusus struktur. Pengenalan komputer dan pengembangan metode matriks untuk balok, pelat dan elemen bidang permukaan memungkinkan perencana menganalisis struktur yang kompleks dengan cepat dan akurat.

Demikianlah yang dapat saya bagikan dalam ulasan kali ini, beberapa penjelasan di atas saya merangkum dan menambahkan kata - kata dari buku yang di tulis oleh Suparno Sastra M. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.

2 comments for "Mengenal Ilmu Struktur Bangunan Dan Sejarah Struktur Bangunan !!!"