Cara Menghitung RAB Pondasi Batu Kali Dengan Tepat Akurat !!!

Sebelumnya kita membahas tentang volume pondasi batu kali, dan selanjutnya  kita akan menghitung rencana anggaran biayanya.

yang belum membaca postingan saya tentang cara mudah menghitung volume pondasi, langsung aja klik disini.

Karena kalau kalian belum membaca postingan yang sebelumnya kalian enggak akan ngerti angka - angkanya dapat darimana. Karena angka - angka yang kita pakai dari postingan sebelumya.

Oke langsung saja kita lanjutkan. di bawah ini ada gambar yang saya ambil dari engineer estimate dan yang pasti sudah ada perkiraan total biayanya dalam pengerjaan pas batu kali, galian tanah, pasir urug, dan lain - lain.

Cara Menghitung RAB Pondasi Batu Kali

Jika kalian membaca postingan saya sebelumnya kalian pasti sudah tau dapatnya volume itu darimana, dan dari gambar diatas kita akan membahas darimana dapatnya harga satuan itu.

Harga Satuan 

Harga satuan itu kita dapatkan dari analisa kita, perhitungan kita. seperti gambar dibawah ini.


Cara Menghitung RAB Pondasi Batu Kali


Mari kita cari tau, kita bedah, kita buka (kenapa alay banget) bersama darimana aja dapatnya angka - angka itu.

Pekerjaan Galian Tanah


Cara Menghitung RAB Pondasi Batu Kali

Dalam pengerjaan galian tanah kita hanya butuh pekerja dan mandor saja.

kita melihat disitu ada angka 0,7500 oh (orang hari) untuk pekerja, lalu darimana dapatnya angka itu?
angka itu kita dapat dari koefisien harga satuan yang sudah di tetapkan oleh Badan Standardisasi Nasional.

untuk lebih jelasnya ketik di GOOGLE Pekerjaan Tanah (SNI 2835 : 2008)

Selanjutnya ada Rp. 118.505,00. jumlah itu adalah harga satuan upah, tiap kota upahnya beda - beda, disini saya pakai satuan upah dari Kab. HSU, Kalsel karena itu proyek saya ketika di HSU.

Dan disitu ada juga Rp. 88.878,75 yang masuk dalam upah kerja. darimana dapatnya jumlah itu?
dapatnya dari (koefisien pekerja x harga satuan)

Terus ada upah mandor, dan caranyapun sama tinggal kalikan aja, jatuhnya kayaini (koefisien mandor x harga satuan) 0,0250 x 149.766,00 = 3.744,15 . dapatnya koefisien mandor sama seperti koefisien pekerja, sama dari Badan Standardisasi Nasional.

Lalu kita tambahkan aja upah kerja pekerja dan mandor, jadinya kaya ini Rp. 88.878,75 + 3.744,15 = Rp 92.622,90, jumlah ini adalah biaya yang dikeluarkan untuk pekerjaan galian tanah per m3 nya, selanjutnya jumlah itu kita taruh seperti gambar di bawah ini

Cara Menghitung RAB Pondasi Batu Kali

Lalu kalikan volume dari pekerjaan galian tanah pondasi dengan harga satuan, seperti ini: 14,48 m3 x Rp 92.622,90 = Rp 1.341.105,49. nah itulah perkiraan total biaya dari galian tanah. mudahkan? dilanjutin apa enggak? caranya hampir sama kok. tapi kayanya di lanjutin aja deh.

Tapi sebelum saya lanjutin, sebelum buat RAB kita harus settinng exel dulu, kita harus nyiapin sheet dengan REKAPITULASI, ENGINEER ESTIMATE, VOLUME, ANALISA, HSBU, DAN PEMBESIAN. Kalau ada yang belum tau bagaimana cara settingnya, kita bahas di lain artikel.

Artikel Terkait :

 

Urugan Tanah Kembali


Cara Menghitung RAB Pondasi Batu Kali

Untuk mencari jumlah biaya dari pekerjaan urugan tanah caranya sama dengan pekerjaan galian tanah, tapi disini yang perlu diingat adalah koefisiennya yang berbeda. kalo sudah ketemu jumlah akhirnya, kali aja jumlah akhirnya dengan volume urugan tanah.

seperti gambar dibawah ini :

Cara Menghitung RAB Pondasi Batu Kali

Urugan Pasir Dibawah Pondasi

Cara Menghitung RAB Pondasi Batu Kali

Untuk menghitung urugan pasir dibawah aanstamping per m3 nya kita harus mengetahui harga satuan dari pasir urug dulu, dan tentunya mengetahui koefisiennya juga.

Dan tentunya caranya sama seperti pekerjaan galian tanah, urugan tanah kembali. Tapi bedanya di sini hasil perkalian dari (harga satuan x koefisiennya) berada di kolom harga bahan bukan di upah kerja.

Pengaturan kolomnya seperti dibawah ini


Kalau sudah ketemu upah kerja dan harga bahannya, kita tambahkan aja harga bahan dan upah kerjanya, dan hasilnya itulah yang harus dikeluarkan untuk pengerjaan urugan pasir per m3 nya.

Pasangan Batu Kosong (Aanstamping)

Untuk pengerjaan aastamping disini yang pasti kita memerlukan pekerja, mandor, tukang, dan kepala tukang. dan tentunya harus ada bahan seperti batu gunung atau batu kali, dan pasir urug. seperti gambar dibawah ini.

Cara Menghitung RAB Pondasi Batu Kali

dari gambar di atas kita sudah mengetahui koefisiennya, harga satuannya, dan juga hasilnya. dan caranya sama seperti sebelumnya.

Yang perlu diingat adalah jika itu bahan, hasil perkalian (harga satuan x koefisien) kita taruh di harga bahan, sedangkan untuk orang ya kita taruh di upah kerja.

Dan tinggal kalikan volume pekerjaan aastamping dan jumlah yang harus di keluarkan untuk pekerjaan pas batu kosong per m3 nya. seperti gambar dibawah ini

Cara Menghitung RAB Pondasi Batu Kali

Sampai sini kalian pasti sudah mengerti kan caranya bagaimana, dapatnya angka - angka itu darimana.
Sebelum melanjutkan untuk menghitung total biaya yang dikeluarkan untuk pengerjaan pas. batu kali per m3 nya. saya minta maaf jika penjelasan saya kurang tepat. harap di maklumi.

Pas. Batu Kali Camp. 1:4

Cara Menghitung RAB Pondasi Batu
Terakhir adalah pengerjaan pasangan batu kali atau batu gunung, disini kita pakai campuran 1:4, dan bahanya yang harus ada batu kali atau batu gunung, semen, pasir, terus ada pekerja, mandor, tukang, kepala tukang.

Cara ngitungnya sama seperti sebelumnya, tinggal dikalikan koefisen dengan harga satuan. dan jika sudah ketemu jumlah yang dikelarkan untuk pekerjaan pas. batu kali per m3 nya....

tinggal kalikan dengan volume pas. batu kalinya. seperti dibawah ini

Cara Menghitung RAB Pondasi Batu Kali
Dan ketumalah sudah total biaya yang dikeluarkan untuk pengerjaan tanah dan pondasi.

Semoga ulasan ini bermanfaat, jika ada yang lebih tau dan menurut kalian cara saya salah, silahkan tinggalkan komen dibawah.

Dan kalau ada yang ingin mencari drafter freelance untuk bangunan mikro, menhitung RAB, bisa kontak saya, caranya klik disini.


Baca Juga : Mengenal toolbar autocad drawing dan modify beserta command line dan fungsinya

Post a Comment for "Cara Menghitung RAB Pondasi Batu Kali Dengan Tepat Akurat !!!"